July 23, 2013

Merancang Wisata Outbound

" Wisata outbound merupakan salah satu pilihan wisata menarik yang sedang naik daun saat ini. Beberapa obyek wisata melengkapi diri dengan fasilitas outbound "
Selain melatih adrenalin, outbound juga bersifat mengakrabkan antarpeserta. Biasanya outbound diadakan dalam rangka keakraban anak-anak sekolah, karyawan di perusahaan, ataupun orang-orang dalam suatu organisasi.
Di Indonesia, pilihan tempat wisata outbound yang dituju semakin beraneka ragam. Semakin beragamnya pilihan tempat yang dituju, semakin berkembang pesat pula jasa penyelenggara outbound.


Sesuaikan tempat dengan peserta
Tentukan tempat yang tepat sesuai peserta. Bila Anda bersama teman-teman usia dewasa, tidak ada salahnya untuk melakukan kegiatan outbound di alam bebas, seperti pengunungan ataupun tepi pantai.
Namun, bila Anda ingin wisata outbound bersama keluarga Anda yang melibatkan anak-anak, sudah jelas Anda harus memilih tempat outbound dengan tingkat kesulitan yang relatif rendah.
Ketahuilah tema "outbound"
Rancanglah tema yang sesuai dengan hasil akhir yang Anda inginkan. Apakah itu sekadar menerbitkan perasaan gembira ataupun membangun kerja sama di antara peserta.
Bisa jadi outound bertujuan untuk ajang saling berkenalan di antara peserta. Jika sudah menemukan tema yang tepat, Anda bisa memilih tempat yang cocok untuk tema tersebut.
Pilihlah jasa penyelenggara "outbound" yang tepat
Penyedia atau penyelenggara jasa outbound inilah yang pada akhirnya sangat menentukan kenyamanan Anda. Tak hanya itu, faktor keamanan pun sangat penting.
Pilihlah jasa outbound yang berbentuk badan usaha, bukan perorangan, agar tanggung jawab yang diembankan kepada pembeli jasa outbound juga lebih besar. Pastikan pula kontak yang jelas jasa penyelenggara outbound.
Hal ini untuk menjamin pertanggungjawaban jasa penyelenggara outbound tersebut. Juga pilih jasa penyelenggara yang fokusnya hanya pada penyelenggara outbound sebagai bentuk profesionalitas mereka.
Keamanan
Pastikan setiap peserta mengetahui aturan untuk semua permainan yang akan dijalankan. Oleh karena itu, jasa penyelenggara outbound juga harus mampu menjamin keamanan dan juga memastikan keamanan setiap perlengkapan yang dipakai.
Perhatikan peserta
Perhatikan kondisi setiap peserta. Bagaimana kondisi kesehatan mereka? Dengan demikian, bisa dipastikan apakah masing-masing individu mampu menjalani outbound.
Selain itu, persiapkan obat-obatan P3K dan minuman. Walaupun benda-benda tersedia pula di tempat outbound. Juga, imbau setiap peserta agar membawa baju ganti. ( sumber : kompas.com)

No comments: